Untitled Document
Untitled Document
Company Profile SSI Company Profile SSI [pdf]
   
   
   
Quick Count SSI Pemilukada Aceh 2012
Untitled Document
   
 

Untitled Document



Y U H A R D I N

Direktur Eksekutif

Mobile:
0853 4292 1117


Script Survei Indonesia


Marketing Office
Komp. Perum. Kembangan Utara
Jl. Delima 1 No. 9
Jakarta Barat
021 - 33553137


Jl. Baturaja No. 12
Komp. Bukit Baruga Antang
Makassar - Indonesia
M: 0813 4253 2737


Website: http://www.ssi.web.id
Email: yuhardin@ssi.web.id

 
 
Sabtu, 30-06-2012 
Quick Count Pilkada Makassar : Ilham Wali Kota Lagi
 
Quick Count Pilwali Makassar, IASmo Raih 65 Persen Suara; Kalla dan Aksa Beri Ucapan Selamat; Diduga Ada Kecurangan, Tim Idial Minta Pemilu Diulang; Tak Capai 30 persen, Pilbup Pinrang Dua Putaran; Rusdi Kalim Menang di Sidrap, Andi Cakka Klaim di Luwu

 
Makassar, Tribun - Lembaga Survei Indonesia (LSI) memastikan Ilham Arief Sirajuddin akan menjabat kembali sebagai Wali Kota Makassar periode 2009-2014 mendatang.
Hasil penghitungan cepat (quick count) yang dilakukan LSI pada hari pencoblosan Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Makassar, Rabu (29/10), menyebutkan pasangan Ilham- Supomo Guntur (IASmo) meraih suara 65,49 persen.
Koordinator LSI Area Sulselbar, Herman Heizer, mengumumkan hasil hasil quick count Pilwali Makassar di Masjid Al Aqsa, Jl Maipa, Makassar.

Rival IASmo, Idris Manggabarani-Adil Patu (idial), berada di posisi kedua dengan perolehan 19,49 persen suara, disusul pasangan Halim Razak-Jafar Sodding (6,80 persen), Firmansyah Mappasawang-Kasma F Amin (Pasmi) dengan 2,93 persen, Iriantosyah Kasim DM- Razak Djalle (berIKRAR) 2,40 persen, Ridwan Syahputra Musagani-Irwan Paturusi (RI) dengan 2,10 persen suara, dan pasangan Ilham Alim Bachrie-Herman Handoko (Idola) hanya mendapat 0,79 persen suara.

Pilwali Makassar digelar bersamaan dengan pemilihan bupati (pilbup) di Sidrap, Pinrang, Luwu, dan Wajo. Namun hanya di Pilbup Sidrap yang sudah mendapat data quick count yang disebut dilaksanakan oleh PT Lingkaran Survei Indonesia (PT LSI).
PT LSI menyebutkan, kandidat yang diusung koalisi PBR dan PAN, Rusdi Masse-Dollah Mando (Ridho) dengan perolehan 36,5 persen suara dan pasangan yang diusung Golkar, Andi Walahuddin-Insan P Tanri (Walani), mendapat 32,12 persen suara.

Tak Terkejar
"Meski suara yang masuk belum rampung, perolehan suara Pak Ilham tak dapat dikejar lagi oleh pesaingnya," kata Herman.
Pernyataan Herman itu disambut pekik takbir disusul yel- yel Oppoki Aco. Tim relawan IASmo berebutan menjabat tangan kandidat incumbent ini. Suasana haru bercampur isak tangis pun bercampur di dalam gedung.

LSI menggunakan 200 TPS sebagai sample dari total 1.792 TPS yang ada. Lembaga ini mengklaim tingkat kesalahan (margin error) quick count yang dilakukan berkisar satu hingga dua persen. "Tapi hasil akhirnya, urutan satu, dua, tiga tidak bergeser," ujar Herman.
Tidak hanya LSI, hasil quick count Insert Institute juga menempatkan pasangan IASmo yang diusung koalisi Golkar, PDIP, PBB, PBR, PDS, dan PPD ini sebagai pemenang.

IASmo meraih 67,27 persen, disusul idial 18,32 persen. Pasangan Halim-Jafar di posisi ketiga (6,54 persen), RI (2,2 persen), Pasmi (2,6 persen), berIKRAR (2,31 persen), dan Idola 0,75 persen.
Real count yang dilaksanakan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga memenangkan IASmo. PKS adalah partai pengusung utama pasangan Halim-Jafar.
Kemenangan Makassar

Dalam pidadonya sesaat setelah pengumuman LSI, Ilham mengimbau seluruh relawannya tidak melakukan konvoi dan arak-arakan di jalan. Ilham juga menyebut kemenangannya adalah kemenangan untuk seluruh rakyat Makassar.

Pidato tersebut juga diwarnai isak tangis ketika Ilham nyaris tidak mampu melanjutkan kalimatnya karena terisak-isak saat menyebut relawan IASmo yang bekerja dan "meninggalkan" anak dan istrinya.
"Terima kasih tak terhingga kepada seluruh relawan dan pendukung IASmo yang bekerja tanpa pamrih. Saya tidak tahu harus membalas dengan apa kerja keras Anda. Saya berdoa semoga Allah memberi balasan yang setimpal," kata Ilham kembali disambut pekik takbir dan yel-yel Oppoki Aco.

Telepon Kalla
Sekitar pukul 18.22 wita, Ilham berbicara langsung dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kalla yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar menerima dari Ilham yang mengabarkan kemenangan yang diraih dengan angka mutlak versi quick count LSI.

"Kami memberikan informasi bahwa pilwali berlangsung aman, lancar, tertib,dan damai. Juga menginformasikan bahwa hasil quick count LSI menempatkan kami sebagai pemenang. Meskipun pada prinsipnya kami tetap menunggu hasil resmi dari KPU," kata Ilham.
Ketua DPD II Golkar Makassar ini juga menyampaikan pesan agar menunggu hasil resmi KPU dan menjaga kondisi Makassar tetap kondusif. "Wapres juga menyampaikan selamat. Pada intinya, beliau berharap kondisi Makassar tetap aman dan kondusif," lanjut Ilham.

Partisipasi Pemilih
Tingkat partisipasi pemilih pilwali Makassar versi LSI tergolong rendah di kisaran 60,63 persen atau 581.935 dari total wajib pilih 959.814 jiwa.
Sekitar pukul 11.00, tim pemenangan IASmo terus memantau perkembangan wajib pilih di TPS. Ilham beberapa kali menelpon relawannya di TPS menanyakan tingkat partisipasi pemilih.
Kekhawatiran IASmo menyusul beredarnya selebaran gelap yang mengajak masyarakat Makassar tidak menggunakan hak pilihnya. Tingkat partisipasi pemilih versi LSI ini tergolong tinggi dibanding partisipasi pemilih masyarakat Makassar saat pilgub lalu di angka 54 persen.

Sementara, Supomo juga tak kuasa menyambut suka cita laporan kemenangan dari timnya. Dia berkata, kegemberiaan dan kemenangan itu ada batasnya. "Ini bukan akhir. Ini justru baru awal berat dari perjuangan. Sebab saya akan mengharap bukan lagi dari tim, tapi semua warga Makassar, " katanya, di kediamannya, kemarin.
Beda Tipis
Hasil quick count LSI ini nyaris mirip dengan rilis terakhir survei lembaga yang dipimpin oleh Saeful Mudjani ini. Pertengahan pekan lalu, LSI juga merilis surveinya yang menempatkan IASmo di posisi teratas dengan tingkat popularitas 64 persen.

Herman menyebut kinerja Ilham selama menjabat wali kota mendapat respon positif dari masyarakat Makassar. "Selama menjabat, Pak Ilham dinilai sebagai pemimpin yang membawa perubahan bagi Makassar. Survei 18 Oktober lalu, hampir tidak mengalami perubahan," ujar alumnus UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, ini.

Pilkada Ulang
Tim pemenangan idial mendesak KPU Kota Makassar mengulang pilwali, kemarin. Desakan itu disampaikan Master Campaign idial, Diza Rasyid Ali, usai melakukan pertemuan tertutup dengan sejumlah tim pemenangan dari kandidat lainnya.
"Ini bukan mark up suara, tapi penggembosan suara sehingga banyak warga yang tidak datang memilih," ujar Diza sambil memperlihatkan sejumlah bukti indikasi penggembosan suara yang dilakukan di hampir semua TPS yang terbesar di 14 kecamatan.
Dari hasil pertemuan tim pemenangan ini, di Posko Induk idial, Jl Boulevard, Dia mengungkapkan beberapa indikasi kecurangan yang terjadi sebelum dan pada saat pencoblosan berlangsung.
Kecurigaan tim idial muncul ketika melihat hasil perhitungan suara di masing-masing TPS. Hampir setiap TPS jumlah pemilihnya rata-rata tidak mencapai 50 persen.
Dia memberik contoh di TPS 25 Jl Sukaria IV Kelurahan Tamamaung, Kecamatan Panakkukang. Dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang dikeluarkan KPU, jumlah hak pilih mencapai 531 suara. Sedangkan jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya hanya 260 orang. Selebihnya tidak memilih. Di TPS 13 RW 6, jumlah pemilih 626, tidak memilih 339, memilih 281 dan batal enam suara.

Pilbup
Sementara itu, hasil sementara pilbup di lima kabupaten masih diwarnai saling klaim antara kandidat seperti yang terjadi di Sidrap, Luwu, dan Wajo.
Di Sidrap, dua kandidat, Andi Walahahuddin-Andi Irwan P Tanri (Walani) yang diusung Golkar dan Rusdi Masse Dollah Mando (Ridho) saling klaim sebagai peraih suara terbanyak sementara.

Versi PT LSI, Ridho meraih suara terbanyak, sekitar 35,34 persen sedangkan Walani mendapatkan 32,67 persen. Namun lembaga lain, Insert Script Inter Media, justru menyebut Walani sebagai pemenang dengan mendapat 40 persen suara sedangkan Ridho hanya mendapat 30persen (lihat, Hasil Pilbup di Daerah).

Di Luwu, kubu pasangan Andi Mudzakkar-Syukur Bijang (CS) juga saling klaim dengan pasangan Basmin Mattayang-Buhari Kahar Muzakkar (Matahari). Bahkan, pendukung kedua tim sama-sama merayakan kemenangan.
Di Wajo, kandidat incumbent, Andi Asmidin, juga mengaku sebagai meraih suara terbanyak sementara. Namun kandidat lain, Burhanuddin Unru juga yakin mendapatkan suara terbanyak.
Sedangkan di Pinrang, pilbup hampir pasti akan berlangsung dua putaran karena tidak ada calon yang mencapai perolehan 30 persen suara.

Dua kandidat yang disebut-sebut akan maju ke putaran karena memiliki suara terbesar dari tujuh kandidat adalah A Irwan Hamid-A Rahmi Moenta (Ihsanta) yang diusung Golkar dengan perolehan suara sementara 34.259 (18,93 persen) dan Aslam Patonangi-A Kaharuddin Mahmud (Askar) dengan 48.916 suara (27,02 persen). Sementara kandidat lainnya mendapatkan suara di bawah kedua pasangan tersebut.

(Sumber: Tribun-timur.com)
 

  Komentar:

 

 

 
   
 
 
SSI: Real Quick Count Pemilukada Prov. Bangka Belitung 2012

SSI: Real Quick Count Pemilukada Kab. Jepara 2012 - Jateng

SSI: Real Quick Count Pemilukada Kab. Jayapura 2011 - Papua

SSI: Quick Count Pemilukada Batang 2011 - Jateng

SSI: Quick Count Pemilukada Propinsi Gorontalo 2011

Inilah Hasil Survei Caleg DPR RI di Dapil 2 Sulsel Versi SSI

SSI: HARAPAN Unggul Sementara di Mamasa

Pasangan Incumbent Mamasa Unggul di Survei SSI

Nurdin Unggul Telak di Bantaeng

SSI: Elektabilitas Nurdin Abdullah Tak Terbendung

SSI: Umar-Bakrie Sementara Unggul di Pillkada Ulang Buton

Quick Count , Zaini-Muzakir Menang di Pilgub Aceh